PERLU DIKETAHUI..INILAH CARA MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN SECARA EFEKTIF

07:22
Selamat Pagi Bapak dan ibu Guru salam sejahtera dan salam edukasi !! 
Pada dasarnya keterampilan membuka dan menutup pelajaran adalah keterampilan yang berkaitan dengan kegiatan atau usaha yang dilakukan oleh seorang guru dalam memulai dan mengakhiri suatu pelajaran. Soli, Ambimanyu (2008) secara singkat mengemukakan bahwa membuka pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan oleh guru untuk menciptakan suasana siap mental dan menimbulkan perhatian siswa agar terpusat pada hal-hal yang akan dipelajari. Menutup pelajaran adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk mengakhiri kegiatan inti pelajaran.
Hal senada juga disampaikan oleh Wardani dan Julaeha (2007) bahwa kegiatan membuka pelajaran merupakan kegiatan menyiapkan siswa untuk memasuki inti kegiatan (kegiatan inti) sedangkan menutup pelajaran adalah kegiatan untuk memantapkan atau menindaklanjuti topik yang akan dibahas. Jika dalam satu kegiatan pembelajaran membahas beberapa topik maka kegiatan membuka dan menutup pelajaran dapat terjadi beberapa kali (di awal dan akhir setiap penggal kegiatan).
Kegiatan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan guru harus berkaitan langsung dengan pambahasan materi

pelajaran. Kegiatan lain yang tidak berhubungan dengan pembahasan materi pelajaran tidak termasuk dalam kegiatan membuka dan menutup pelajaran, misalnya kegiatan yang berkaitan dengan administrasi guru termasuk didalamnya memeriksa kehadiran siswa, menyiapkan bahan ajar.

Penerapan kegiatan membuka dan menutup pelajaran yang dilakukan oleh guru memiliki beberapa tujuan (Wardani dan Julaeha, 2007), yaitu:

Tujuan membuka pelajaran

Menyiapkan kondisi siap mental siswa untuk mengikuti kegiatan inti pelajaran .
Membangkitkan motivasi dan perhatian siswa untuk mengikuti pelajaran .
Memberikan gambaran batasan-batasan tugas atau kegiatan yang harus dilakukan siswa .
Menyadarkan siswa akan hubungan antara pengalaman/bahan yang sudah diketahui dengan  .yang akan dipelajari
Memberikan gambaran tentang kegiatan yang akan dilalui siswa .

Tujuan menutup pelajaran
Memusatkan perhatian siswa pada akhir pelajaran  .
Memberi pemahaman yang utuh dan mantap tentang materi yang baru dibahas.
Mengetahui tingkat pencapaian hasil pelajaran yang telah dilakukan (guru dan siswa) .
Memberikan tindak lanjut yang diperlukan sesuai hasil pembelajaran yang dicapai .

Kegiatan membuka dan menutup pelajaran merupakan keterampilan dasar mengajar yang harus dikuasai dan diterapkan oleh guru. Jika keterampilan ini lalai dalam menerapkannya maka kegiatan pembelajaran akan menjadi tidak terarah dan akan mempengaruhi penguasaan pemahaman siswa akan pelajaran Sumber : (gurukelas.com) 
demikian semoga bermanfaat dan silahkan dibagikan ...
.

Comments