INI YANG PERLU DILAKUKAN GURU KETIKA HENDAK MELAKUKAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS

19:49
Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabbarakatuh

Selamat malam dan selamat datang di ruanginfoguru.com. Pada kesempatan kali ini kami akan membagikan informasi kepada rekan-rekan pengunjung khususnya rekan-rekan guru terkait masalah penelitian tindakan kelas.


Kegiatan guru yang cukup penting dan menarik di samping mengajar adalah melakukan penelitian tindakan kelas (PTK). Kegiatan ini menempatkan guru sebagai peneliti internal di ruang kelas. Di samping sebagai pengajar dan pendidik, guru juga seorang peneliti.

Ruang kelas merupakan sebuah tempat yang istimewa. Kalau boleh dikatakan, proses yang berlangsung di kelas lebih unik dan dinamis jika dibandingkan dengan proses yang berlangsung di sebuah pabrik. Proses yang berlangsung di ruang kelas merupakan interaksi timbal balik antara guru dengan siswa, siswa dengan temannya maupun siswa dengan sumber belajar. Proses ini berlangsung dalam waktu yang sama. Di saat guru mengajar maka saat itu pulalah siswa belajar.

Namun demikian proses belajar dan mengajar di ruang kelas tidak selalu itu berjalan lancar. Banyak ditemui permasalahan sehingga menjadi kendala dan hambatan dalam perwujudan tujuan pembelajaran. Permasalahan tersebut tidak hanya berasal dari siswa, bahkan bisa juga bersumber dari guru.

Tidak seorang gurupun yang bebas dari kendala dan hambatan pembelajaran. Oleh sebab itu, penelitian tindakan kelas (PTK) memberi peluang kepada guru untuk merefleksi diri atas permasalahan yang terjadi dalam pembelajaran.

Berangkat dari permasalahan yang dirasakan, guru melakukan identifikasi permasalahan yang dirasakan. Mencatat dan mengagendakan butir-butir masalah secara rinci sehingga ditemukan sekian butir permasalahan.

Semua permasalahan yang terindentifikasi tidak mungkin diselesaikan dalam waktu singkat. Oleh sebab itu perlu dianalisa semua masalah yang sudah diidentifikasi. Pembatasan masalah didasarkan atas urgensi masalah. Mana masalah yang paling penting, mendesak dan segera dicarikan solusinya segera. Selain itu dipertimbangkan kemampuan dalam melaksanakan kegiatan PTK.

Pertimbangan yang bagus dalam membatasi masalah yang akan diteliti akan mengantarkan guru dalam mencapai tujuan dan manfaat PTK ini. Kegiatan PTK benar-benar dapat diterapkan sehingga menghasilkan sebuah laporan kegiatan PTK.

Demikian berita seputar masalah PTK guru yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat.
Untuk info terbaru lainya, silakan kunjungi laman DISINI

Comments